JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelompok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsur pokok (Johnson & Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) terhadap hasil belajar Matematika. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Matematika setelah diterapkannya pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Karangbendo 04 Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,00%), siklus II (72,00%), siklus III (96,00%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Karangbendo 04 Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran : 2014/2015, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika

Keyword

Pembelajaran Matematika, DMR (Diskursus Multy Reprecentacy)
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak